Kamis, 28 Juli 2011

Memahami SEO

SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization) sangatlah penting bagi para blogger untuk mengoptimalkan suatu website/blog. Secantik - cantik apapun tampilan dari website anda jika tidak menguasai sedikit teknik tentang SEO ini saya ibaratkan seperti rumah tanpa penghuni (huyyy...ngeriiiii), ah ini berlebihan sekali kata - katanya......oh tentu tidak, karena hal ini pernah saya alami waktu pertama kali bikin blog dimana paman google tidak mau menyapa blog saya di search enginenya padahal tampilan blog saya cukup cantik dan enak dipandang (itu sih menurut saya....hehe). Dan sayapun berkelana mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, usut punya usut ternyata jawabannya SEO. Menguasai teknik SEO amat sangatlah penting dalam membangun sebuah website dimana 50 % saja bisa menguasai teknik SEO maka dunia yang tak tampak ini alias maya sudah menjadi genggaman tangan kita, kenapa???.

karena SEO merupakan segala jurus ampuh untuk meningkatkan daya dan upaya yang dilakukan dalam pembuatan artikel untuk mendongkrak Page Rank posisi website kita agar muncul diurutan 10 besar (tentunya dari atas donk..... masa dari bawah). Tujuannya adalah supaya para tamu mau berkunjung kerumah kita, dan pepatah bilang semakin banyak tamu semakin banyak pula rejeki yang datang... amien!!!.

Dikarenakan amat sangatlah besar peluang di dunia maya ini, maka SEO sekarang sudah menjadi barang dagangan yang mahal untuk kocek kita dan perusahaan mulai bermunculan untuk menangkap peluang ini dan semakin menjadi persaingan antara blogger seantero jagad ini.

Danny Sullivan berpendapat bahwa istilah SEO pertama kali dikenalkan pada tanggal 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Algoritma dari mesin pencari pada waktu itu belum canggih dan kompleks sehingga masih sangat mudah untuk dimanipulasi. Algoritma pencarian berbasis pada informasi melalui meta tag pada kode html blog mereka. Webmaster memanipulasi dengan menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan isi dari blog, sehingga search engine salah memeringkat blog tersebut.

Tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan perkembangan dari Backrub, akhirnya Google memperoleh kepercayaan publik pengguna internet dengan keberhasilannya menyajikan hasil pencarian yang berkualitas tinggi, cepat, dan relevan. Kemudian page rank menjadi standar baik bagi para webmaster agar memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin.

Seiring dengan perkembangan search engine tersebut maka berkembang pula optimasi blog agar bisa tampil bagus dihadapan search engine. Para blogger (pengelola website) bahkan melakukan manipulasi, dll untuk memenangkan sebuah persaingan tersebut. Namun karena itu pula maka search engine semakin berkembang dengan semakin sempurna. Pada awal perkembangan memang para webmaster tersebut mensubmit alamat blog mereka menuju Search Engine, kemudian SE meresponsnya dengan mengirimkan web crawler atau spider menuju ke blog yang bersangkutan. Dengan kerja menelusuri halaman per halaman, kemudian mendownload halaman tersebut untuk diindex dan disimpan pada database.

Kemudian program pengindex mencari informasi dalam blog tersebut untuk menentukan tingkat pagerank sesuai dengan ketentuan dari rumus algoritma search engine. Seiring semakin ketatnya kompetisi untuk memenangkan SEO maka para blogger marak mencari cara cerdik, jahat, hitam untuk sekedar mengakali sistem search engine. Kepentinganya hanya satu yaitu memenangkan posisi teratas di search engine result page. Semoga bermanfat artikel ini.

sebagian tulisan dikutip dari :
http://www.shalimow.com/search-engine-optimization/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor