Rabu, 14 September 2011

Google Is My Best Salesman

Berikut adalah sebuah tulisan yang membahas tentang sebuah rahasia kecil dari mesin pencari yang bernama Google. Google Is My Best Salesman bukan saja memberikan trik dan solusi bagi para pebisnis dalam memanfaatkan mesin pencari (search engine), melainkan karena sebagian orang telah membuktikan sendiri manfaat dan keunggulannya dalam bisnis yang dilakukannya. Karena itu, layaklah artikel ini menjadi perhatian bagi siapa saja yang akan mengambil manfaat dari sebuah mesin pencari, baik untuk kepentingan pribadi dan bisnis.

Google merupakan tool yang sangat menarik dan dapat dieksploitasi untuk berbagai kepentingan. Salah satu kepentingan yang sangat dominan ialah marketing dan public relation. Tingkat publisitas seseorang atau institusi ternyata akan sangat menentukan banyaknya URL/alamat yang dihasilkan oleh Google....

Tentu semua ini membutuhkan berbagai teknik public relation dan marketing yang baik untuk memperoleh jumlah hasil yang sedemikian banyak di Google. Sebetulnya ada 8 Tools Google yang bisa dijadikan sebagai sarana promosi usaha/bisnis kita.

Berikut adalah 8 Tool Google yang bisa kita manfaatkan sebagai salesman kita :

Google AdWords

Google AdWords adalah penyedia layanan iklan Pay-Per-Click (PPC). Memungkinkan sebuah perusahaan untuk memasang iklan dari target kata kunci tertentu. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Google AdWords disini.

Berikut adalah sebuah gambar ilustrasi Google AdWords :
Ini adalah hasil pencarian yang anda bayar sebagai syarat dari kombinasi kata kunci tertentu.

Google Docs 

Google Documents adalah dokumen online gratis yang dapat diakses dari mana saja, berbagi dengan tim Anda.

Berikut adalah tipe dokumen yang bisa anda buat :

1.Word documents
2.Spreadsheets
3.Presentations
4.Drawings
5.Forms

Sharing & Full Access - Setelah membuat sebuah dokumen, anda dapat membagikannya dengan siapa saja yang membutuhkan informasi anda. Dan anda dapat pula mengedit dan memanage-nya dan membagikannya kepada publik.

Google Keyword Tool 

Anda dapat membuat strategi pencarian padat kata kunci pada Google Keyword Tool. Dan ini adalah bagian dari Google AdWords, Anda juga dapat menggunakan beberapa dari kapasitas tanpa terdaftar sebagai program PCP.

Mengapa sebuah Kata Kunci sangat penting ?
Orang-orang memasukkan kata kunci ke mesin pencari untuk menemukan informasi dan hiburan, melakukan penelitian dan melakukan pembelian. Sebagai sarana bisnis, Anda ingin mencari sebuah informasi secara online untuk menemukan Anda dan website perusahaan Anda ketika mereka membuat pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Itulah sebabnya melakukan penelitian kata kunci yang tepat sangat penting dan dapat membantu menarik lebih banyak traffic yang berkualitas ke situs Anda.

Google Alerts

Google Alerts adalah perangkat gratis yang digunakan oleh pemasang iklan untuk memantau sebuah produk, istilah kata kunci dari industri dan kompetitor.

Mengapa harus menerima pemberitahuan ?
Google Alerts memungkinkan Anda untuk dengan mudah memantau Web untuk kata kunci yang diinginkan, mengirimkan pesan email ketika menggunakan istilah-istilah ini.

Umumnya, Google Alerts berguna untuk vendor yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk menjadi proaktif tentang bagaimana cara memantau Web untuk indikasi tertentu. Google membuat pencarian untuk Anda!.

Google News

Google News membantu Anda memanfaatkan buzz untuk memperoleh berita baru dan langsung menindaklanjuti dengan peristiwa terakhir.

Menghasilkan ide-ide konten
Google News menawarkan platform yang sangat baik untuk berita yang relevan dengan industri Anda dan menghasilkan ide-ide konten dari hasil yang Anda lihat. Nikmati ketepatan waktu cerita di berita mereka.

Google Reader

Google Reader adalah tool gratis yang membantu Anda tetap up to date dengan apa yang terjadi dalam industri Anda. Jika Anda pernah menggunakan gmail sebagai layanan email, Anda sudah bisa menikmati fitur ini. cukup buka http://google.com/reader dan menambahkan RSS yang dituju. Dengan adanya Google reader ini, memudahkan kita menghemat waktu untuk berselancar di dunia maya, dengan memilih konten apa yang ingin kita lihat. Ibaratnya Satu Web Untuk Semua.

Tip cepat
Pilih lima atau sepuluh blog untuk menambah Google Reader Anda. Dan periksalah setiap hari agar anda dapat mendapatkan informasi terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.

Google Places

Google memberikan solusi gratis bagi pemiliki bisnis untuk memetakan lokasinya di Google Maps. Layanan ini dinamakan Google Places.

Jika Anda memiliki usaha atau bisnis seperti restoran, hotel, bengkel atau jasa konsultan dsb, tentu saja usaha tersebut memiliki lokasi dan sebagai pemilik bisnis tersebut, Anda tentu ingin lokasi Anda mudah ditemukan.

Google+

Google Plus sendiri adalah jejaring sosial layaknya Facebook yang dikembangkan oleh raksasa internet Google yang sampai saat ini masih dalam proses pengembangan atau beta. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba meluncurkan google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.

Untuk proses pendaftarannya sendiri anda juga bisa membaca artikel saya yang lain yaitu Cara Gila Daftar Google+.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk usaha dan bisnis anda, Bersabar dan tetap berjuang merupakan kunci keberhasilan dalam menjadikan Google sebagai Salesman kita***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor