Kamis, 18 Agustus 2011

Aplikasi Android Makin Ok


Mengapa aplikasi ? karena aplikasi bagaikan "amunisi" bagi sebuah perangkat Android. Aplikasi diciptakan untuk mendukung kegiatan anda sehari-hari. Tidak hanya itu saja, aplikasi juga dapat berguna untuk berbagai hal yang sifatnya fun.

Menurut statistik terdapat lebih dari 400.000 aplikasi yang tersedia di Android Market yang siap diunduh. Dari kesemuanya, saya memilih beberapa saja yang dianggap terbaik. Sah-sah saja apabila anda tidak setuju dengan aplikasi pilihan saya. karena penggunaan dari segi kenyamanan suatu aplikasi pastinya berbeda untuk setiap orang. Yang jelas, aplikasi pilahan saya tidak akan mengecewakan Anda.

SELAMAT MENCOBA !

1. Android Assistant
Aplikasi ini memiliki total 14 fitur yang mampu mengoptimalkan performa perangkat Android Anda. Fiturnya antara lain membersihkan file "sampah", Startup Manager, uninstall aplikasi dan sebagainya.

2. Advance Task Killer

Memiliki fungsi utama "kill" (mematikan) berbagai aplikasi yang sedang berjalan di background. Aplikasi ini berguna untuk memeatikan beberapa aplikasi yang tidak memiliki fungsi exit, sehingga sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan dan berimbas pada prosessor yang terus bekerja, akibatnya tentu daya tahan baterai yang berkurang.

3. PdaNet

Anda dapat menjadikan perangka Android bagaikan modem USB. Hubungkan dengan PC dan koneksi internet pun dapat berjalan dengan cara "menumpang" koleksi milik perangkat Android. Oya, Anda juga harus menginstall aplikasi ini untuk versi PC-nya agar dapat terhubung dengan perangkat Android. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang selalu terkoneksi dengan dunia maya tanpa perlu membeli modem USB lagi.

4. ASTRO File Manager
Berfungsi sebagai manajemen file baik itu di memori internal maupun eksternal. Di dalamnya, Anda dapat melakukan berbagai fungsi standar layaknya sebuah aplikasi explorer pada PC, seperti perintah Copy, Cut, New Folder. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membaca dan meng-ekstrak file RAR maupun ZIP. fungsi lain juga dapat Anda temukan seperti mengirim sebuah file via Bluetooth, SMS, atau email.

5. Juice Defender
Daya tahan baterai masih menjadi isu utama bagi pengguna perangkat Android. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menghemat daya baterai dengan mematikan berbagai macam proses dan service yang berjalan di background. tersedia 5 Preset Profile dimana tiap preset-nya memiliki pengaturan yang berbeda, dari default hingga full kustomisasi. Anda juga dapat mengatur clock prosessor juga.
6. App Backup & Restore
Sesuai namanya, aplikasi ini berguna untuk melakukan backup dan restore secara mudah. Menariknya, tanpa proses rooting juga. Aplikasi yang telah terinstall dan proses backup dilakukan dengan menyimpan file installer (.apk) dari aplikasi yang ada, sehingga ketika perangkat yang rusak dan diharuskan flashing ulang, aplikasi ini dapat menjadi penyelamat.
7. APNdroid
Selain boros baterai, Anda harus berhati-hati agar perangkat Android tidak boros pulsa juga. Salah satu caranya adalah mematikan koneksi internet ketika tidak digunakan. Tetapi masalahnya, Anda harus mengakses menu Setting terlebih dahulu. Dengan aplikasi ini, Anda dapat langsung memutus koneksi internet dengan menonaktifkan APN secara mudah.
8. Android Sync Manager Wifi
Sinkronisasi dengan via koneksi Wifi pastinya terasa lebih ringkas karena tidak membutuhkan kabel. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus menginstal juga versi PC-nya. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti pemindahan data, hingga backup daftar kontak lengkap dengan fungsi restore. Anda pun juga bisa melakukan fungsi SMS via PC dengan aplikasi ini.
9. Asisten APN
Agar dapat terkoneksi dengan internet, Anda harus melakukan pengaturan APN terlebih dahulu. Masalahnya, tiap operator memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Bila sering ganti kartu SIM, jelas hal ini merepotkan karena harus mengatur APN lagi. Aplikasi ini menediakan pengaturan secara otomatis beberapa operator terkemuka, pemakaiannya pun cepat dan mudah.
10. Wheres My Droid
Lupa menaruh atau bahkan kehilangan perangkat Android? Jangan cemas, karena aplikasi ini akan menyelamatkan Anda. Instal aplikasi di perangkat dan dengan hp lain, Anda dapat menemukan perangkat Android yang hilang dengan mudah karena bantuan dari GPS, sehingga posisinya dapat ditemukan dengan akurat dan cepat.
Mudah-mudahan artikel ini bisa untuk menambah wawasan Anda yang kerap bingung untuk menentukan apliksi Android, sebetulnya masih banyak aplikasi Android yang menarik lainnya. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui seluk beluk tentang Android, silahkan berkunjung atau milis dibawah ini:

www.android.or.id
www.diskusiandroid.com
www.android-indonesia.com
www.androlib.net



Sumber: Tabloid Komputek Edisi 739


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor