Jumat, 12 Agustus 2011

10 Teknik Untuk Mendapatkan Komentar di Blog Anda

Promo Harga Cetak DIGITAL PRINTING

Di bawah ini saya akan menguraikan 10 Teknik Untuk Mendapatkan Komentar di Blog Anda.
Jakob Nielsen dengan studi terbarunya menemukan bahwa 90% dari pengguna komunitas online membaca atau mengamati tanpa memberikan kontribusi, dan hanya dari user 9% saja yang pasif sedangkan 1% menjadi user yang aktif.
Jadi hanya 1% dari user blog anda yang terlibat secara aktif dengan blog anda dan sisanya berada pada kontributor yang terbaik.

Penelitian ini tidak hanya pada blog saja sehingga jumlah sebenarnya bisa lebih atau kurang dari ini dan tidak diragukan lagi akan bervariasi dari situs ke situs - akan tetapi prinsipnya adalah benar. Sebagian besar mayoritas pembaca blog ialah mengamati dari blog tersebut dan pergi tanpa meninggalkan komentar atau berpartisipasi dengan cara apapun (dan blogger seperti itu dapat mematikan sebuah komentar pada postingan kita).

Untuk beberapa hal kita hanya perlu membiasakan diri, namun ketika ada pengunjung yang meninggalkan komentar di comment box anda, maka ada beberapa cara untuk memberikan interaktivitas yang lebih untuk blog anda:

Berikut adalah 10 langkah untuk meningkatkan komentar di blog anda:
  1. Mengundang komentar - Saya perhatikan bahwa ketika saya mengundang orang untuk memberikan komentar, mereka ternyata memberikan kontribusi lebih banyak daripada apa yang saya lakukan. Untuk beberapa hal, ini mungkin sangat membingungkan bagi saya karena sebagian besar pengunjung tahu bahwa mereka dapat meninggalkan komentar pada sebuah postingan - tapi coba tebak untuk mengundang komentar dapat memicu respon sampai batas tertentu. Dan juga perlu diingat bahwa pembaca baru tidak terbiasa dengan aktivitas blogging dan mereka tidak tahu bagaimana cara berkomentar dan cara penggunaannya - maka dari itu buatlah comment box anda sefamilier mungkin, sehingga pengunjung anda dapat berpartisipasi dengan mudah.
  2. Ajukan pertanyaan - termasuk pertanyaan khusus dalam sebuah postingan akan membantu untuk mendapatkan jumlah komentar yang lebih banyak. Saya menemukan bahwa ketika saya menempatkan pertanyaan dalam sebuah postingan saya, itu adalah cara yang paling efektif untuk mendapatkan respon dari pembaca bahwa anda telah mempersiapkan sebuah pertanyaan dari dalam pikiran mereka dari saat pertama anda membuat postingan.
  3. Be open ended - jika anda mengatakan sesuatu yang mengatakan tentang sebuah topik atau bahasan. Anda cenderung untuk membuat orang lain ingin menyampaikan pendapatnya dalam sebuah komentar.
  4. Berinteraksi dengan meninggalkan komentar - jika anda tidak bersedia menggunakan komentar anda sendiri di blog orang lain, bagaimana dengan pembaca blog anda???.
  5. Tetapkan batas - Saya menyadari bahwa setelah saya memberi aturan pada comment box (dengan kebijakan komentar) komentar blog saya jadi bertambah sedikit. Saya tidak yakin apakah itu hanya kebetulan saja atau pembaca menanggapi untuk mencari tahu apakah itu dan mengatakan apa yang tidak dapat mereka terima. Ini hanya sebuah teori saja, tapi saya pikir komentar itu sangat terorganisasi dengan baik dan dimoderatori bebas dari spam.
  6. Jadilah rendah hati - saya menemukan bahwa pembaca merespon dengan baik untuk postingan yang menunjukkan kelemahan anda sendiri (failings and the gaps in your own knowledge rather than those posts where you come across as knowing everything there is to know on a topic).
  7. Ramah tamah - terkait dengan rendah hati adalah sebuah anugerah. Ada saat dimana anda sebagai blogger akan mendapatkan sesuatu yang salah dalam postingan anda. Mungkin ejaan atau tata bahasa, dapat menjadi inti dari argumen anda atau beberapa aspek lain dari blogging anda.
  8. Kontroversial...??? - saya menaruh tanda tanya pada bagian yang satu ini (dan secara pribadi saya menghindarinya meskipun kadang saya memberikan komentar yang sedikit bertentangan).
  9. Memberi penghargaan pada sebuah komentar "Rewarding Good Comments" - ada banyak cara untuk mengenali dan "Rewarding" komentar yang bagus mulai dari peninjauan atau "Ulasan yang baik" dengan cara menyorot mereka dalam postingan lainnya yang anda tulis.
  10. Buat semudah mungkin untuk komentar - Saya meninggalkan banyak komentar dibanyak blog - tapi ada satu situasi di mana saya jarang meninggalkan komentar di suatu blog yang mengharuskan saya untuk mendafatar terlebih dahulu untuk menyampaikan sebuah komentar. Mungkin saya malas (sebenar tidak ada yang gak mungkin untuk masalah ini) atau mungkin ada sesuatu pada diri saya yang takut untuk memberikan informasi pribadi secara detail. Dan biasanya saya selalu meninggalkan blog semacam ini meskipun didalam blog tersebut ada sesuatu yang menarik bagi saya.
Jadi, bagaimana menurutmu? Bagaimana anda meningkatkan komentar di blog anda?

Ya mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan sebagai pemula di dunia blogging mohon sarannya bagi para master blogger Indonesia, salam kenal dari saya ***Candrameda Al Ghozali***






2 komentar:

  1. kalo menurut pengalaman saya sendiri pada setting komentar nya auto approve jangan di moderasi maka pengunjung pasti betah di blog kita.
    ucapkan terima kasih kepada komentar.


    hehehe salam kenal ya sob..

    iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia | TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia

    BalasHapus
  2. @antigaptek:
    Terima kasih atas kontribusinya dan mudah2an bisa bermanfaat untuk perkembangan blog ini.

    BalasHapus

Sponsor