Selasa, 30 Agustus 2011

5 Bagian Teknik SEO Yang Harus Anda Jelajahi Di Tahun 2011


Search Engine Optimization (SEO) mempunyai dua bagian vital yaitu On-Page dan Off-Page optimasi. Masing-masing diperlukan untuk melengkapi tujuan akhir yang lain, ketika sedang dilaksanakan dalam rangka untuk bekerja secara efisien.

Ketika saya berkata optimasi off-page, atau "link building", kita berarti dalam proses membuat situs web / halaman web yang populer dengan mengutip dari situs lain; optimasi on-page, namun, mengacu pada membuat situs web yang relevan dengan istilah pencarian yang ditargetkan, sehingga dikembalikan lagi oleh search engine ketika pengguna mencari istilah tertentu.

Hari ini tampaknya ada lebih dari sekedar relevansi dan popularitas yang diperlukan untuk memperoleh PR yang tinggi di search engine. Search engine, terutama Google, menekankan untuk menggunakan konten yang berkualitas tinggi didalam sebuah artikel yang dirancang untuk dapat dilihat oleh pengguna internet melalui mesin pencari.

Beberapa aspek lain mulai muncul dan mulai digunakan sebagai faktor page rank di Search Engine Result Pages (SERPs), kewenangan tersebut dari konten hosting domain, jumlah mesin pencari benar-benar percaya melihat situs dan seluruh pengalaman bahwa situs tersebut dapat menawarkan penggunanya (jika pengalaman ini layak dibagi dengan layanan mereka sebagai mesin pencari).

Jadi dibawah ini adalah daftar teknik optimasi yang dapat membantu untuk meningkatkan kemungkinan sebuah situs agar dapat lebih terlihat didalam hasil pencarian:

1. Skema

Beberapa bulan yang lalu, Google, Yahoo dan Bing memperkenalkan schema.org, dimana sebuah situs yang host daftar halaman web markup, yang dapat digunakan oleh webmaster untuk menandai konten anda sehingga mesin pencari dapat lebih memahami konten aktif.

Schema.org menggunakan mikrodata ketika membagikan perbendaharaan kata; ini terdiri dari set baru dari HTML tags dapat membantu mesin pencari untuk mengklarifikasikan relevansi isi web melalui segmen utama seperti penulis, ruang lingkup dan jenis konten topikal, Anda dapat melihat daftar lengkap skema mereka.

Pada dasarnya, menggunakan mikrodata atau skema dalam kode halaman web anda, kemungkinan dapat meningkatkan halaman web anda akan muncul di SERPs dengan banyak kata, seperti ini:

Untuk memastikan bahwa Anda telah membuat kode pada halaman Anda dengan benar, Anda dapat menggunakan Google’s rich snippets testing tool untuk membuktikan apa postingan Anda akan terlihat seperti Google menganalisis halaman Anda.

Salah satu manfaat utama menggunakan skema di halaman yaitu untuk mendapatkan fragmen dari fitur halaman utama (home) didalam hasil pencarian dari Google, entah bagaimana dapat mempengaruhi kalimat pencarian di search engine ketika mencari informasi, karena ini merupakan bagian yang kaya kalimat dalam mencari posisi SERP dengan peluang pengunjung akan mengklik situs anda, yang berarti bahwa artikel tersebut mampu menarik perhatian para pengguna internet ke situs anda dan bahkan tidak di posisi tertinggi sekalipun.

Bagi anda yang ingin tahu tentang belajar schema, dan bagaimana cara menggunakan mikrodata anda dapat mengunjungi website-nya di http://schema.org/docs/gs.html

2. Authorship Markup

Tambahan lain untuk Google's Search Result Landscape yaitu anda mungkin akan melihat lebih sering tahun ini adalah untuk menampilkan gambar dengan halaman daftar pencarian profile penulis;   

Tujuan dari gambar profil adalah untuk membantu Google menentukan kualitas dari konten situs melalui reputasi penulis, dan Google tahu bahwa konten yang besar datang dari penulis besar dan pengguna lebih mungkin untuk memilih konten yang mereka dapat melihat ini ditulis oleh sangat handal dan terpercaya, sehingga Google ingin menampilkan gambar Anda sebagai tanda kepercayaan.

Agar gambar profil Anda ditampilkan dalam hasil pencarian Google, Anda harus terlebih dahulu menerapkan tanda kepenulisan di situs Web Anda atau situs lain di mana Anda berkontribusi menulis sebuah konten dan mengkonfirmasikan dengan menyertakan link alternatif ini dari Google Profile anda.

Ini adalah beberapa langkah bagaimana anda mengimplementasikan Authorship Markup di dalam website anda:

* Artikel Anda di situs Anda semua memiliki link rel = "penulis" ke "halaman penulis" Anda menggunakan - versi HTML5 dari link hubungan dengan penulis.

* Sebuah link ke Google Profile anda dari halaman author anda harus tampil dan menggunakan link XFN rel = "me".

* Google Profile anda harus link back ke author page anda untuk mengkonfirmasi hak milik dari situs. anda dapat mengecek "halaman ini adalah secara rinci tentang saya"  centang kotak untuk membuat link rel="me" link ke situs Anda dikaitkan halaman penulis. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Authorship Markup anda bisa klik di sini. dan bukan di sini....hehe...!!

3. Page Speed

Tahun lalu, Google telah menambahkan kemampuan untuk memuat halaman dengan lebih cepat sebagai faktor dalam page rank dalam hasil pencarian mereka, beban situs lebih cepat, pengguna lebih cepat dapat mengakses informasi atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Untuk menentukan seberapa cepat sebuah beban halaman dan bagaimana melakukan load lebih cepat, telah dibuat oleh Google yaitu Page Speed Online. Ini adalah perangkat gratis berbasis web yang mana seorang webmaster dapat digunakan untuk melacak kesalahan halaman web mereka, dan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi proses loading.

Dalam menggunakan alat ini, pada dasarnya anda akan hanya mengunci URL dari halaman web yang ingin Anda uji, dan setelah beberapa detik, alat akan menampilkan skor 1-100, berdasarkan bagaimana anda melihat kinerja halaman. Hal ini kemudian akan memberi saran tentang bagaimana Anda dapat lebih meningkatkan performa halaman Anda.

4. Indikator Kepercayaan (Trust Indicators)

Sebelum menjamin mesin pencari dan menempatkan halaman web yang lebih tinggi pada hasil pencarian mereka untuk dikembalikan ke pengguna mereka, mereka pertama ingin memastikan bahwa situs Anda dan isinya dapat dipercaya. Pencantuman indikator kepercayaan di situs Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda / peringkat di search engine, terutama jika mereka dapat yakin bahwa Anda memberikan informasi yang otentik dan utilitas-tinggi melalui situs Anda.

Keyakinan indikator mungkin datang dalam bentuk kebijakan privasi, pemberitahuan non-tanggung jawab, dan pengungkapan rinci pada halaman. Namun, ada juga bentuk lain yang bisa membenarkan kepercayaan ke situs Anda seperti bukti sosial - di mana situs Anda terhubung atau terkait dengan halaman profil media sosial Anda, melihat bahwa situs tersebut adalah mesin yang sangat diandalkan oleh penelitian.

Cara lain untuk menggambarkan kepercayaan sinyal dari situs Anda menggunakan human txt. Ini adalah file teks yang dapat Anda download di situs Anda (sama seperti robots.txt, tetapi file ini adalah untuk manusia dan mesin pencarian web) yang mencakup informasi tentang pencipta dari situs web.

5. Panjang Dari Sebuah Konten

Dokumen akan muncul untuk tampil lebih baik ketika mendapatkan High Ranking pada halaman hasil pencarian mesin pencari, konten yang jelas menjadi nilai lebih dan terlihat lebih alami. Dengan Google Panda Updater baru-baru ini, mesin pencari tampaknya lebih ketat dalam bidang optimasi, di mana ukuran isi dokumen / entah bagaimana mempengaruhi peringkat pencarian, terutama ketika bersaing dengan halaman web lebih tipis.

Demikian tulisan ini saya buat sebagai wacana saja, dan apabila terdapat susunan kata yang kurang pas saya mohon maaf.

1 komentar:

  1. trima kasih info berharganya mas,
    namun saya belum paham bagaimana cara pembuatan mikrodata yg mudah ? dan diletakkan dibagian mana kode mikrodata tsb ?

    BalasHapus

Sponsor