Sabtu, 01 Oktober 2011

Cara Membuat Animated Favicon

Favicon yaitu ikon favorit juga dikenal sebagai ikon website atau ikon halaman. Favicon ini biasanya dikaitkan dengan situs Web tertentu atau sebuah halaman web. Favicon juga menunjukkan bahwa website tertentu atau halaman web. Seorang web designer dapat pula membuat ikon seperti yang ada di blog ini dengan favicon generator dan menggunakannya sebagai merek atau simbol yang menunjukkan situs web mereka.

Browser internet seperti mozilla sangat mendukung penggunaan animasi seperti ini dan menampilkannya ke dalam Browser URL Bar di samping nama situs dan daftar bookmark yaitu koleksi situs favorit menu di browser.

Berikut langkah-langkah pembuatan Animated Favicon :

  • Tentukan gambar yang akan anda gunakan sebagai icon (format yang didukung : gif, jpg, jpeg, png).
  • Masukkan teks ke dalam kotak Scrolling Text jika diperlukan.
  • Hit tombol Generate Favicon.
  • Download hasil Generate Favicon ke dalam hardisk komputer anda dengan cara klik kanan lalu pilih Save Image As.
  • Upload file favicon anda ke Image Hosting pilihan anda. (disini saya menggunakan photobucket.com)
  • Langkah selanjutnya adalah :

Go To Blogger > Design > Edit HTML
Cari kode <b:skin>

Copy Paste kode dibawah tepat diatas kode <b:skin>

<link href='ADD YOUR FAVICON LINK HERE' rel='icon' type='image/gif'/>


Ganti tulisan ADD YOUR FAVICON LINK HERE dengan link URL image anda

Hasilnya terlihat seperti dibawah ini :

<link href='http://i1084.photobucket.com/albums/j403/candrameda/MyAnimatedFavicon.gif
' rel='icon' type='image/gif'/>

Simpan template anda dan lihat hasilnya***


2 komentar:

  1. wah bagus ne sob triknya na tp ane msh agak bingung... ane ijin nyimak yah gan :) sekalian ane mw bookmark dl gan :) thanks yah gan :)

    thanks informasinya sob :) sorry ne ane br berkunjung lg :) hehe jgn bosan berkunjung ke blog ane yah gan :) tinggalin jejak koment biar ane bsa kesini lg gan :) thanks yah gan :)

    BalasHapus
  2. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    BalasHapus

Sponsor